Pinjaman Dana Untuk Bayar Hutang, Bolehkah?


Berhutang memang sebisa mungkin dihindari dalam kehidupan kita. Namun kehidupan ini adalah suatu misteri yang kita tidak akan pernah tahu hal apa yang terjadi pada masa depan. Bahkan satu menit dari sekarang pun kita tidak bisa mengetahui hal apa yang terjadi di hadapan kita. 

Ada kalanya kita dihadapkan pada sebuah keadaan yang mengharuskan kita memiliki sejumlah dana pada saat itu juga. Bagi anda yang memiliki simpanan atau tabungan dengan jumlah besar, tentu tidak akan dikhawatirkan dengan keadaan ini. 

Berbeda halnya pada orang yang tidak memiliki tabungan atau simpanan yang berjumlah besar. Biasanya mereka cenderung akan berhutang untuk mendapatkan sejumlah dana. Namun banyak juga orang yang pada akhirnya kesulitan membayar hutangnya tersebut dan mencari pinjaman dana untuk bayar hutang.

Pinjaman Dana Untuk Bayar Hutang, Bolehkah?



Jawaban untuk pertanyaan boleh atau tidaknya mencari pinjaman dana untuk bayar hutang bisa beragam. Bisa saja orang mengatakan boleh atau bisa saja orang mengatakan tidak boleh. Kita disini tidak membicarakan soal ajaran agama atau kepercayaan. Akan tetapi lebih kepada logika kita sebagai manusia saja. Seperti ada ungkapan "gali lubang tutup lubang", tentunya jika anda mencari pinjaman dana untuk bayar hutang, alhasil hanya akan menambah hutang baru saja.

Sebaiknya memang sebelum mencari pinjaman dana untuk bayar hutang, anda berusaha dulu untuk mendapatkan dana tersebut dengan cara lain. Cara lain tersebut misalnya dengan cara menjual barang-barang berharga yang anda miliki seperti kendaraan bermotor ataupun perhiasan. Relakanlah dulu barang-barang berharga itu untuk dijual sehingga anda bisa mendapatkan dana segar untuk melunasi hutang anda. Selain itu mungkin anda juga bisa menjual aset yang anda miliki seperti tanah, rumah dll.

Sebenarnya sah-sah saja mencari pinjaman dana untuk bayar hutang. Akan tetapi tetapi hal itu sebaiknya menjadi solusi alternatif yang paling terakhir. Selama anda masih bisa mencari sumber dana dengan cara yang lain selain berhutang, lakukanlah dulu usaha-usaha tersebut. Dengan berusaha keras niscaya Tuhan YME akan melihat usaha yang anda lakukan dan memberikan berkat yang lebih sehingga anda dapat melunasi hutang tanpa mencari pinjaman dana.



Comments

Popular posts from this blog

Pinjaman Dana Hibah dari Pemerintah